Wednesday, December 12, 2007

In Cold Blood

KISAH MENAKJUBKAN TENTANG PEMBUNUHAN BRUTAL YANG DITULIS DENGAN GAYA MEMUKAU ALA TRUMAN CAPOTE.
Anda akan diajak menelusuri tiap sudut benak para penjahat

Judul buku: In Cold Blood
Penulis: Truman Capote
Penerbit: Bentang Pustaka
Jml. Hlm: iv+476
Ukuran: 13x20.5 cm

Empat orang ditemukan tewas terbunuh secara sadis di Kansas. Seorang ayah, ibu, dan dua anak remajanya. Mereka menjadi korban kejahatan hanya demi uang tak lebih dari 42 dolar.
Enam minggu kemudian para pembunuh, Perry Smith dan Richard “Dick” Hickock tertangkap. Keduanya ternyata punya plot berbeda-beda dalam benak mereka ketika mendatangi
Dibutuhkan waktu enam tahun bagi Capote untuk menulis, sebelum akhirnya In Cold Blood terbit. Novel yang terpilih sebagai salah satu buku terbaik sepanjang masa ini disebut-sebut sebagai a brilliant insight of criminal mind, sebuah kajian lengkap dan emosional mengenai benak para penjahat.

“Kisah akhirnya adalah sebuah masterpiece ….”
—Conrad Knickerbocker, The New York Times Book Review


Siapa Truman Capote?
Capote lahir di New Orleans, Louisiana, pada 30 September 1924 dan meninggal di Los Angeles pada 25 Agustus 1984.
Antara tahun 1943 hingga 1946, Capote produktif menulis cerita pendek seperti "A Mink of One's Own," "Miriam" (memenangkan O. Henry Award), "My Side of the Matter," "Preacher's Legend," "Shut a Final Door", dan "The Walls Are Cold." Cerpen-cerpennya ini dipublikasikan di banyak majalah terkenal seperti The Atlantic Monthly, Harper's Bazaar, Harper's Magazine, Mademoiselle, The New Yorker, Prairie Schooner, dan Story.
Salah satu karyanya yang disebut oleh banyak orang sebagai “novel nonfiksi” adalah In Cold Blood. Novel ini pernah diterbitkan berseri di The New Yorker pada tahun 1965 kemudian dibukukan pada tahun 1966 dan menjadi bestseller. Setidaknya ada 20 film dan drama TV yang telah diproduksi berdasarkan karya-karya Capote.

Capote tinggal bertetangga dan bersahabat dengan Harper Lee, penulis To Kill a Mockingbird. Bahkan Dill, salah satu tokoh di dalamnya, berdasarkan pada karakter Capote yang sesungguhnya.

No comments: