Wednesday, December 12, 2007

Lily dan Tanaman Misterius

Judul Terjemahan: Lily dan Tanaman Misterius
Penulis: Kirsten Larsen
Penerjemah: Vina Damajanti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 112 halaman
Cetakan: II, April 2007

Skor: 8

Secara fisik, buku yang termasuk Seri Disney Fairies ini sungguhcantik. Sampul depannya berkilau, bagian dalam dihiasi ilustrasiberwarna semarak, hurufnya besar-besar. Cerita yang diangkat pun terbilang jarang.

Lily adalah seorang peri-bakat-kebun di Pixie Hollow. Ia menghabiskan waktu setiap hari bersama tanaman-tanamannya, ditemani seekor lebah bernama Bumble. Sesekali kebun Lily dikunjungi oleh Iris, peri yang tengah menulis buku. Iris tidak disukai peri-peri lain, bahkan dicemoohkan karena merupakan peri-bakat-kebun yang tidak memiliki kebun sendiri. Tetapi Irislah yang bersemangat membantu Lily menanam sebuah benih yang ditemukannya dalam hutan, meski mereka sama-asma tidak tahu tanaman apa yang akan tumbuh dari benih tersebut.

Cerita bergulir mengundang rasa ingin tahu pembaca, sementara halaman demi halaman mengetengahkan kecintaan Iris dan Lily pada tumbuh-tumbuhan. Mereka dikisahkan merawat tanaman dengan sangat baik, bahkan mengajaknya berbicara agar pertumbuhannya pesat. Pohon misterius yang kemudian menggemparkan seluruh Pixie Hollow itu kemudian mendekatkan Iris dan Lily. Keduanya mempertahankan si pohon tatkala peri-peri lain menghadap Ratu Ree untuk meminta perintah penebangan.

Pembaca diajarkan banyak hal soal tumbuhan, meski jenisnya fiktif.
Juga mengenai pentingnya persahabatan, baik dengan sesama manusia (dalam hal ini 'peri') maupun tanaman. Kisah menarik ini ditutup dengan kejutan yang cocok untuk pembaca anak-anak, namun alurnya pun tak terlalu lambat sehingga dapat dikonsumsi pembaca dewasa.

--
Salam,
Rini Nurul Badariah

No comments: